Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

PT Harus Penuhi Ketentuan Nisbah Dosen/Mahasiswa

Semarang-kopertis6.or.id- Nisbah dosen/mahasiswa merupakan salah satu ketentuan yang diatur oleh regulasi dan harus dipenuhi perguruan tinggi (PT), sesuai  surat edaran (SE) Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Ditjen Dikti  No. 1915/E.E2.3/KL/2015 tanggal 5 Maret 2015, perihal Pencabutan dan Ralat Nisbah Dosen/Mahasiswa dan Sanksi.

Mengenai hal tersebut, Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP. Sugiharto memberikan apresiasi kepada Stikes Karya Husada Semarang atas komitmennya  akan memenuhi Nisbah Dosen/Mahasiswa 1 : 30. “Ketentuan nisbah dosen/mahasiswa yang bisa dipenuhi PT,  merupakan indikator institusi  sehat.” jelasnya.

Pernyataan ini disampaikan pada acara wisuda ke-35 Stikes Karya Husada Semarang, siang tadi  di kampus setempat (23/4).

Terkait dengan kelembagaan, Prof. DYP berharap kepada Stikes Karya Husada Semarang memanfaatkan dibukanya moratorium PT melalui pengembangan institusi dengan merubah bentuk dari sekolah tinggi menjadi universitas.

Dikatakan oleh Ketua Stikes Karya Husada Semarang, Ns. Fery Agusman MM, SKM,M.Kep.Sp.Kom, institusinya saat ini sedang berbenah khususnya mengenai peningkatan kompetensi dosen.

“Saaat ini  terdapat dua dosen tetap yang sedang mengikuti pendidikan S3, 24 dosen telah menyelesaikan pendidikan S2, 15 dosen masih mengikuti pendidikan S2.” Kata Fery.

Selain dituntut meningkatkan kualitas, lanjut Fery, setiap dosen wajib memiliki jabatan fungsional akademik (JAFA). “Lebih kurang 70% dosen tetap kami telah memiliki jafa, empat dosen  sudah bersertifikasi, sedang empat lainnya masih dalam proses sertifikasi.” katanya.

Lebih lanjut Ketua Stikes menyampaikan, fokus lain yang menjadi target institusinya adalah status akreditasi dari lima progdi yang ada, dua terakreditasi B untuk S1 Keperawatan dan Ners, tiga progdi lain masih dalam proses online dengan fasilitator. “Mohon doanya tiga progdi ini bisa mencapai yang kita targetkan “A” di 2015.”

Jumlah lulusan Stikes Karya Husada Semarang pada wisuda kali ini sebanyak 135 mahasiswa, terdiri dari 23 mahasiswa dari progdi Keperawatan (DIII), 1 mahasiswa dari progdi Kebidanan (DIII), 36 mahasiswa dari progdi Keperawatan (S1), 75 mahasiswa dari progdi Kebidanan (DIV).

COMMUNITY

Materi Pelatihan