Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Tingkatkan Riset Unissula MoU Dengan Usim Malaysia

Semarang-kopertis6.or.id - Unissula belum lama ini mengadakan MoU dengan Universiti Sains Islam Malaysia (Usim) yang masing masing diwakili oleh Rektor Anis Malik Thoha Lc MA PhD dan Prof Dato’ Dr Musa Ahmad di kampus Negeri Sembilan Malaysia. Area kerjasama antara lain pertukaran dosen dan mahasiswa, join workshop dan pelatihan, join riset dan pengembangannya, join program program pendidikan, join konferensi, seminar dan simposium, kolaborasi publikasi ilmiah dll. MoU tersebut merupakan tindak lanjut dari memorandum of agreement (MoA) yang sebelumnya telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Menurut Anis Malik Thoha, kedua universitas memiliki berbagai kesamaan visi maupun misi dalam mengkader insan yang beriman berakhlaq mulia dan memiliki kompetensi global untuk menjadi rahmat bagi semesta alam. Ia juga menekankan pentingnya mengemas pendidikan melalui sebuah manajemen yang baik agar memiliki daya tarik dan memberikan efek besar bagi dunia pendidikan maupun masyarakat secara luas. “Banyak inovasi, banyak pakar pakar yang memiliki kompetensi namun sayangnya belum mampu memberikan dampak yang maksimal ketika tidak dikelola melalui manajemen pendidikan yang berkualitas” ungkap Anis.

Kerjasama tersebut, lanjutnya, memiliki nilai strategis untuk bekerjasama meningkatkan kwalitas riset, pendidikan dan program program pelatihan dengan berazaskan kesetaraan dan saling menguntungkan. Sementara itu Musa Ahmad optimis kerjasama yang dijalin akan menghasilkan berbagai keuntungan. Fihaknya juga siap dan terbuka untuk membuka double degree Usim – Unissula serta berbagai program pendidikan lainnya.

Usim merupakan satu diantara 20 universitas negeri yang berada di bawah kerajaan Malaysia, yang dalam proses pendidikannya mewajibkan para mahasiswanya untuk mengambil program pendidikan di universitas luar negeri.

COMMUNITY

Materi Pelatihan