Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Menjawab Tantangan Global, Terapkan Kurikulum Berbasis KKNI

Tegal-kopertis6.or.id-  Sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden No.8 Tahun 2012, KKNI merupakan acuan dalam penyusunan pencapaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional.  Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, maka diperlukan penijauan ulang kurikulum prodi akuntansi.

Menyikapi hal tersebut, Prodi Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal menyelenggarakan workshop dengan tema “Peninjauan Kurikulum Pendidikan Tinggi Vokasi Akuntansi Berbasis KKNI dan SN-DIKTI”,  bertempat di Ruang Laboraturium Pajak (Gedung C Politeknik Harapan Bersama Tegal).

Workshop  diikuti oleh Dosen Tetap Prodi AKuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal, Perwakilan baik Instansi Pemerintah maupun Swasta, Alumni, dan beberapa perwakilan mahasiswa. Tidak ketinggalan workshop dihadiri Wakil Direktur 1 Politeknik Harapan Bersama Tegal,  Arfan Haqiqi S. S.Kom dan Ka. P2M,  Iroma Maulida, S.KM, E.Pid

Ka. Prodi Akuntansi, Ida Farida, M.Si selaku narasumber memaparkan, KKNI merupakan kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja, serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan diberbagai sektor.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, maka prodi akuntansi menerapkan kurikulum berbasis KKNI dan memberikan mata kuliah-mata kuliah yang menunjang kemampuan diri.” tegasnya

Kurikulum berbasis KKNI diharapkan dapat menjawab tantangan global serta mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang keahliannya melalui penalaran ilmiah yang bersarkan pemikiran yang logis, kritis, sistematis dan inovatif. 

COMMUNITY

Materi Pelatihan