Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Gubernur Ganjar Beri Kuliah Umum di Unwidha



Klaten-kopertis6.or.id - Sebagai rangkaian dalam kegiatan orientasi mahasiswa baru, pada Kamis, (15/9) Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten mengundang Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pronowo untuk memberikan kuliah umum. Acara yang berlangsung di aula FKIP tersebut dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru angkatan 2016, Rektorat, Dosen dan tamu undangan yang terdiri dari jajaran TNI, Polri serta Pemkab Klaten.

Dalam sambutannya, Rektor Unwidha Klaten, Prof. Dr. Triyono, M.Pd, mengucapkan selamat datang dan merasa bangga atas kehadiran gubernur. Selanjutnya, rektor memberikan sedikit pengantar bahwa para mahasiswa baru merupakan calon pemimpin pada periode emas kemerdekaan Indonesia pada tahun 2045 dimana jika tidak dipersiapkan dengan pendidikan yang baik, maka akan menjadi “musibah” karena jumlah penduduk yang sedemikian besar.

Dalam kuliahnya yang bersifat interaktif dan menarik, Gubernur Jawa Tengah menyadarkan kepada hadirin terutama mahasiswa baru, tantangan dan ancaman global yang sedang dan akan dihadapi. Gubernur menyampaikan bahwa untuk dapat menjawab tantangan dan ancaman tersebut, maka bangsa Indonesia harus menjadi bangsa yang kompetitif dan untuk itu, sebagai mahasiswa harus mampu memformulasikan daya pikir yang analitis, arah (road map) yang jelas dan mimpi yang dalam tingkat kelembagaan berarti visi.

Lebih lanjut dikatakan bahwa sebenarnya Presiden RI yang pertama pernah menggagas konsep Trisakti yaitu Indonesia harus berdaulat secara politik, Indonesia yang mandiri secara eknomomi, dan Indonesia yang bekepribadian secara sosial budaya. Dalam penjelasan tentang konsep Trisakti, Gubernur juga mengingatkan ancaman yang membuat keprihatinan, yaitu narkoba, yang sekarang ini sudah tidak lagi menyasar pada orang dewasa saja, melainkan sudah kepada anak usia TK dan SD. Jika hal ini tidak segera disadari, akan menyebabkan Indonesia menjadi bangsa yang lemah dan tidak kompetitif.

Selesai kuliah umum yang berlangsung sekitar dua jam, acara dilanjutkan dengan penyerahan tanda mata dari Rektor kepada Gubernur dan sebaliknya serta foto bersama.

COMMUNITY

Materi Pelatihan