Tuesday, August 21, 2018
   
TEXT_SIZE

Alat Visomonli Hantar ATEM Semarang Juara II di Ajang PENA

Semarang-kopertis6.or.id - Pekan Elektromedis Nasional (PENA)  merupakan  kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat mahasiswa dan dosen Elektromedis dalam merancang dan menghasilkan produksi alat kesehatan.

Acara yang berlangsung di Poltekkes selama dua hari baru-baru ini tersebut, setelah melalui seleksi telah terjaring 20 peserta, terdiri dari  10 peserta masuk katagori Bio Signal dan 10 peserta masuk katagori Life Support.

Peserta PENA berasal dari prodi Elektromedis berbagai Poltekkes dan STIKES, serta Politeknik non kesehatan dari seluruh Indonesia. Akademi Teknik Elektromedik (ATEM) Semarang berhasil mendapatkan juara II untuk katagori Bio Signal, meskipun untuk pertama kalinya mengikuti ajang ini.

Berdasarkan rilies yang dikirim pihak ATEM Semarang, prestasi ini tentu sangat membanggakan bagi seluruh civita akademika. Dari Tim ATEM Semarang diwakili mahasiswa tingkat III, yaitu Ahmad RasulRais, Rizka Novitasari, Yeremia Nugroho dan Erda Hermono PN serta Mohamad Sofie, ST, MT. Adapun pembimbing membuat rancang bangun alat kesehatan yang dinamakan Vital Sign Monitor On-line (Visimonli).

Perangkat tersebut dapat memonitor tanda-tanda vital kondisi pasien saat di ruang ICU melalui perangkat Handphone (HP) Android. Alat ini membantu perawat dalam memantau kondisi pasien, tanpa harus bolak-balik mendekat pasien untuk melihat alat pasien monitor, tetapi cukup melalui HP. Parameter kondisi pasien yang di monitor seperti jumlah denyut jantung rata-rata pasien (Heart Rate), Kadar oksigen dalam darah (SpO2), temperatur tubuh pasien dan tekanan darah (NIBP).

Hasil karya ini tentu sangat berguna bagi industri alat kesehatan untuk dapat dikembangkan dan disempurnakan, sehingga dapat diproduksi masal sebagai produk lokal untuk kemandirian alat kesehatan di Indonesia. Apalagi ATEM Semarang saat ini mempunyai rencana akan membangun ATEM Techno Park yang berlokasi disatu area industri alat kesehatan di Manyaran Gunung Pati Semarang.  

Bagi lulusan SMA, SMK, MAN yang lulus tahun 2018 atau sebelumnya yang berminat belajar teknologi peralatan kesehatan dapat mendaftar di Akademi Teknik Elektro medik Semarang secara online di www.pmb.atemsemarang.ac.id

COMMUNITY

Materi Pelatihan