Friday, April 19, 2024
   
TEXT_SIZE

UMS Juara I Ajang Mawapres 2015 Tingkat Kopertis

Bendan Dhuwur-kopertis6.or.id -  Penyelenggaraan Mahasiswa Berprestasi PTS tingkat Kopertis VI 2015 yang berlangsung kemarin di kantor setempat (23/4), menempatkan Ayu Khoirotul Umaroh (UMS) sebagai juara I dengan raihan nilai 96,81, Ratri Rokhani (UMP) sebagai juara II dengan raihan nilai 85,25,  Masduki Khamdan M (Udinus) sebagai juara III dengan raihan nilai 81,66, dari penilaian juri yang terdiri dari Prof. Dr. Sukarno (Universits Negeri Tidar Magelang), Tommy Yuniawan (UNNES), M.Hum, Dr. Taufik (UMS).

Menurut Prof. Sukarno, terpilihnya wakil dari UMS sebagai juara I karena dari kelima aspek penilaian, seperti IPK, makalah baik tertulis maupun lisan, penguasaan bahasa Inggris, kepribadian serta kegiatan unggulan meraih yang tertinggi.

“Raihan nilai dari UMS tampak signifikan dibanding peserta lain, karena untuk kegiatan unggulan seperti prestasi tidak sebatas diperoleh pada tingkat  nasional, akan tetapi internasional. Kedua, karena makalahnya sangat inovatif, sehingga  layak dibawa ke tingkat nasional, dan didukung dengan kepribadian yang baik serta pengguasaan bahasa inggris yang fasih.” ungkap Prof. Sukarno.

Terpilihnya  juara I, II, III akan mewakili PTS Jateng di tingkat nasional. Untuk itu, lanjut dosen Universitas Negeri Tidar Magelang tersebut, akan ada perbaikan atau penyempurnaan makalah, baik tertulis maupun presentasinya. “Ini yang perlu dipersiapkan sejak awal melalui pendampingan, baik oleh tim juri maupun dari internal PT.

Kepada peserta yang akan mewakili di tingkat nasional, Prof. Sukarno mewanti-wanti agar pengguasaan terhadap isu-isu terkini semakin ditingkatkan. Terkait target, Ia optimis dapat diposisi lima besar nasional. “Jika tahun kemarin wakil dari Kopertis VI satu-satunya PTS se Indonesia yang bisa masuk lima belas besar, untuk kali ini setidaknya bisa meraih lima besar.

Prof. Sukarno menambahkan, dari segi kualitas, peserta tahun ini lebih baik dari pada tahun kemarin. Makanya saya optimis nanti biasa bicara banyak di tingkat nasional.

Kabag Umum Kopertis VI, Hendradi Sulistiawan saat menutup acara  mengatakan, kepada juara I.II. III akan diundang mengikuti upacara peringatan hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2015 di Kopertis, sekaligus menerima tropy dan hadiah.

 

Tampak gambar,  salah satu peserta melakukan presentasi di depan juri.

COMMUNITY

Materi Pelatihan