Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Melalui Creanovation Awards, Udinus Cetak Generasi Kreatif

Semarang-kopertis6.or.id - Fakultas Teknik (FT) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) sukses menggelar Creanovation Awards 2017 di gedung E lantai 3 pada Sabtu (6/5).

Event tahunan ini merupakan ajang pencarian  kreatifitas dan daya inovasi siswa SMA/SMK/MA sederajat tingkat nasional.  Di tahun ke-4 ini, FT Udinus mengangkat tema "Be Creative, Be Inovative, be Smart”.

Ajang ini diikuti oleh ratusan tim,  kemudian diseleksi dan dilakukan penjaringan untuk mendapatkan 35 tim terbaik. Peserta  dari beberapa wilayah di Indonesia, diantaranya Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.  

“Usai dilakukan penjurian 13 Maret lalu, 35 tim kami umumkan menjadi finalis pada tanggal 19 Maret,” jelas Gutama Indra selaku ketua panitia. Menurutnya, tim terpilih diundang dengan membawa prototype atau produk karyanya untuk mempresentasikan dihadapan juri. Adapun kriteria penilaian adalah orisinalitas dan kebaruan ide, argumentasi yang diajukan, keterkaitan materi dengan tema, komposisi tulisan dan estetika penulisan.

Lomba dibagi ke dalam beberapa kategori, yakni produk olahan makanan, perkakas atau alat bantu, game atau penalaran, green technology dan lain-lain. Masing-masing kategori dipilih 3 pemenang, tim terbaik berkesempatan membawa pulang piala rektor.

Dihadapan para finalis, rektor Udinus mengarahkan peserta terjun ke dunia wirausaha dengan inovasi produk dan kreatifitas yang dihasilkan dalam ajang tersebut. “Wirausaha itu nafasnya kreatifitas dan inovasi. Indonesia adalah negara yang sangat berpeluang dalam wirausaha perkembangan teknologi.” ungkapnya

Adapun untuk pemenang, SMKN 2 Semarang sebagai juara 1 dengan karya Water Oven New Innovation (WONT). Juara 2 diraih oleh SMA Muhammadiyah 1 Babat dengan karya “Coco Partition Floor”. Sedangkan juara 3 diraih oleh SMA Nusantara Gresik dengan karya “G-Slug”.

Masing-masing peserta mendapatkan piala, sertifikat, uang pembinaan, dan potongan uang gedung dari Udinus.

 

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan