Thursday, February 22, 2018
   
TEXT_SIZE

Dirjen Belmawa Beri Motivasi Maba Unissula

Semarang-kopertis6.or.id - Unissula mengadakan kuliah umum bagi para mahasiswa baru (Maba) 2017,  menghadirkan pembiacara Dirjen Belmawa Kemenristekdikti, Prof Intan Ahmad yang dipusatkan di masjid Kampus Unissula (11/9).

Intan Ahmad mengajak mahasiswa baru agar gigih mempersiapkan diri dengan sungguh sungguh, saat menimba ilmu di perguruan tinggi. “Jangan hanya mengalir mengikuti arus, masa depan harus dipersiapkan secara serius” ungkapnya.

Mahasiswa hendaknya juga punya alasan yang kuat mengapa menjadi mahasiswa “Pertanyaan penting yang harus dijawab oleh para mahasiswa adalah kenapa ia menjadi mahasiswa. Saya pikir bukan waktunya lagi kuliah untuk mencari ijasah, ada hal lain yang sangat penting untuk ditingkatkan, yakni kompetensi dan kulitas diri agar siap bersaing kapan dan dimanapun. Juga menjadi tanggungjawab para generasi muda, termasuk para mahasiswa untuk membuat negeri inilebih baik lagi”. tambah Intan Ahmad.

Ia juga mengakui,  perguruan tinggi di Indonesia jumlahnya sangat banyak, bahkan lebih banyak dari negara-negara di kawasan Uni Eropa, dan China. DI Indonesia, ada lebih dari 4.500 perguruan tinggi, sementara di negara negara Uni Eropa kurang dari 4.000. China yang penduduknya berjumlah 1,4 M, jauh lebih banyak dari penduduk Indonesia, namun jumlah perguruan tingginya hanya sekitar 2.800.

Setiap tahunnya ada sekitar 1,5 Juta mahasiswa baru memasuki jenjang perkuliahan, 500.000 ditampung oleh Universitas negeri, sementara yang 1.000.000 berkuliah di Universitas swasta.

Kuliah umum mahasiswa baru ini, dimaksudkan untuk memberikan memotivasi bagi mahasiswa baru untuk menggunakan kesempatan berkuliah secara sungguh –sungguh dan berprestasi setinggi mungkin, memberikan wawasan kebangsaan dan kecintaan pada tanah air, serta menginspirasi mereka untuk meraih kesuksesan di saat ini dan di masa depan.

 

 

COMMUNITY