Thursday, April 18, 2024
   
TEXT_SIZE

BEM FIKES UM Magelang Lolos PHBD Dikti



Magelang-kopertis6.or.id - Dua proposal yang disusun oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fikes UM Magelang, berhasil lolos dalam Program Hibah Bina Desa (PHBD) Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti Tahun 2016. PHBD merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan  oleh mahasiswa melalui  Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS) , Unit  Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Dua proposal yang lolos Dikti tersebut, yakni berjudul “Optimalisasi Kader Kesehatan dalam Upaya Mencegah Diskriminasi dan Meningkatkan Kemandirian Penyandang Disabilitas di Desa Paremono Kabupaten Magelang”  serta “Budidaya Tanaman Hias sebagai Musquito Repellent (Anti Nyamuk) dalam Upaya Mencegah Demam Berdarah Dengue serta Meningkatkan Perekonomian Warga di Sumberejo Kabupaten Magelang.”  Masing-masing proposal mendapat dana senilai 40 juta dari Dikti.

Hal tersebut disampaikan Wakil Rektor  Bidang Kemahasiswaan UM Magelang, Drs. Mujahiddun M.Pd saat membuka acara Lokakarya Mini proposal Optimalisasi Kader Kesehatan dalam Upaya Mencegah Diskriminasi dan Meningkatkan Kemandirian Penyandang Disabilitas di Desa Paremono Kabupaten Magelang di Balai Desa Paremono Kecamatan Mungkid, Magelang hari Kamis, 21/7. Acara tersebut dihadiri sekitar 100 peserta yang berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Kepala Puskesmas Mungkid, Kepala Desa dan Kepala Dusun, serta 70 kader kesehatan yang berasal dari 14 dusun di Desa Paremono.

Ns. Sambodo Sriadi Pinilih M. Kep, dosen pembimbing tim mahasiswa menjelaskan alasan dipilihnya Paremono sebagai lokasi  PHBD. “Di wilayah Puskesmas Kecamatan  Mungkid, Paremono merupakan desa yang memiliki warga binaan dengan disabilitas mental terbanyak serta memiliki kader kesehatan yang aktif, selain juga mendapat support yang bagus dari perangkat desa, ” ungkapnya.  Dalam PHBD yang dibimbingnya, delapan mahasiswa   yang terdiri dari dua mahasiswa dari Profesi Ners, tiga dari Prodi Ilmu Keperawatan S1, dan tiga dari Prodi Keperawatan D3 menggawangi kegiatan tersebut.

COMMUNITY

Materi Pelatihan