Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Berdiskusi Memberikan Sumbangsih pada Negeri


Kudus-kopertis6.or.id – Forum Alumni Aktivis Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (FAA PPMI), pada Sabtu, 30 Januari 2016 menggelar reuni di Universita Muria Kudus (UMK). Forum reuni  diisi dengan beragam diskusi terkait tema-tema kebangsaan. Anggota FAA PPMI yang sudah menjadi tokoh publik pun mementingkan hadir, untuk memberikan sumbangan pemikiran bagi bangsa dan negeri ini. 

‘’Diskusi kami bagi dalam tiga bidang, yakni bidang hukum dan politik, bidang ekonomi dan lingkungan, serta bidang kebudayaan dan pendidikan indonesia,’’ ujar ketua Presidium FAA PPMI Agung Sedaya

Agung menjelaskan, terkait bidang hukum dan politik, rezim elektoral saat ini yang meliputi Pemilihan Umum untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Legislatif, serta Pemilihan Kepala Daerah  (Pilkada), menempatkan Partai Politik (Parpol) sebagai salah satu instrumen demokrasi yang penting.

‘’Parpol tidak terlepas dari sejumlah persoalan yang membuatnya mandeg dan berjalan di tempat. Minimnya anggaran negara, misalnya, menjadi faktor umum Parpol mudah terjebak pada perilaku koruptif. Selain itu, kualitas politisi dalam tubuh Parpol juga beragam, yang berpotensi mereduksi kualitas politik demokrasi internal partai,’’ ungkapnya didampingi Rommy Fibri, Hasan Aoni Aziz, Dr. Alfan Alfian, Wahyu Susilo, Dwidjo Utomo M, dan Andreas Ambar Purwanto.  

Lebih lanjut Agung memaparkan, korupsi dan politik uang menjadi bentuk kejahatan yang membutuhkan praktik penegakan hukum. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dalam hal ini menjadi garda depan, institusi yang secara aktif mengantisipasi praktik korupsi di tanah air.

COMMUNITY

Materi Pelatihan