Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Stikes PKU Muhammadiyah Laksanakan Penelitian Hibah Kemenristekdikti



Ida Untari, SKM., M. Kes, dosen Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta yang juga Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Stikes PKU melaksanakan kegiatan implementasi hibah Kemenristekdikti tahun anggaran 2016. Bentuk Penelitian yang diambil adalah IbM (Iptek bagi Masyarakat) kader Kesehatan menuju lansia sehat dan mandiri. Penelitian dilaksanakan selama dua hari 20-21 April 2016 di gedung serba guna Semanggi RW 17 Surakarta. Penelitian dan kegiatan ini dilaksanakan dengan sasaran kader Posyandu Lansia Ngudi Waras Semanggi RW 17, dan Kader Posyandu Lansia Mawaddah Semanggi RW 20. Kegiatan ini diikuti peserta sebanyak 40 kader.

Acara dibuka secara langsung oleh Ketua Stikes PKU Muhammadiyah Weni Hastuti, S.Kep., M.Kes. Dalam sambutannya, Weni menyatakan bahwa program penelitian ini diharapkan memberi manfaat bagi warga Semanggi khususnya para lansia. “Memberikan pengetahuan tentang pendidikan kesehatan sekitar kesehatan dan penyakit yang sering dirasakan oleh lansia. Baik penanganan maupun asupan makanan bergizi yang dapat dikonsumsi oleh lansia,” lanjutnya.

Menurut Ida, program yang dijalankan kali ini memberikan pendidikan dan penyuluhan kepada kader dengan materi diantaranya pelayanan kesehatan di Puskesmas, mengenal lansia, pemeriksaan kesehatan dasar lansia di Posyandu sekaligus prakteknya. Disamping itu kami juga memberikan penyuluhan dengan pendekatan secara spiritual bagi lansia dengan tujuan bahwa para lansia dapat lebih mendekatkan diri lagi kepada sang pencipta dengan cara beribadah sesuai dengan keyakinannya. Di akhir acara disampaikan materi pemenuhan gizi pada lansia yang disertai dengan praktek memasak.

Semua kegiatan yang dilaksanakan, telah dikemas dalam buku pegangan ber-ISBN, dengan harapan dapat menjadi pegangan bagi para peserta atau kader Posyandu setempat. Ida berharap kader mempunyai ketrampilan dalam hal memasak makanan maupun minuman yang sehat sehingga dapat menjadi modal jika ada kader yang ingin memproduksi makanan lanjut untuk dijual ke masyarakat.

COMMUNITY

Materi Pelatihan