Thursday, April 18, 2024
   
TEXT_SIZE

UM Magelang Berencana Dirikan SNI Center



Magelang-kopertis6.or.id - Tindak lanjut dari kerjasama yang tertuang dalam MoU pada tanggal 15 November 2011, Badan Standarisasi Nasional (BSN) melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di UM Magelang, Kamis, 23 Juni 2016.

Acara bertajuk Koordinasi Kegiatan Standarisasi di UM Magelang tersebut, berlangsung  di Ruang Sidang Gedung Rektorat Kampus 2 Mertoyudan, dihadiri  30 peserta yang terdiri dari pimpinan universitas dan fakultas, perwakilan dosen, Diskoperindag Kota dan Kabupaten Magelang, serta perwakilan UMKM binaan UM Magelang. 

Iskandar Novianto, Kepala Bidang Kerjasama Standarisasi Dalam Negeri BSN dalam pengantarnya menyampaikan,  tahun 2015 BSN telah melakukan 152 kegiatan di 35 wilayah di Indonesia. Sedangkan tahun 2016, sebanyak 136 kegiatan yang telah diadakan di 37 wilayah di Indonesia.

“Selama ini sebanyak 41 perguruan tinggi telah melakukan MoU dengan BSN, termasuk UM Magelang,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dia menjelaskan,  jejaring kerjasama BSN adalah dengan perguruan tinggi, pemda, dan pelaku usaha. Pada kesempatan tersebut Iskandar  memberikan masukan kepada UM Magelang, bahwasanya kegiatan standarisasi yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan bimbingan kepada UMKM, serta memasukkan Kurikulum Standarisasi kepada mahasiswa sebagai bentuk sosialisasi serta membangun kesadaran perlunya standarisasi.

“Terlebih, di UM Magelang memiliki beberapa program studi yang berkaitan dengan penerapan standar yang bersifat wajib yakni keamanan, keselamatan, dan kesehatan lingkungan, “ ungkapnya.

Oesman Raliby, dosen Fakultas Teknik yang concern melakukan kegiatan pendampingan bagi pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Magelang mengatakan, pihaknya tengah melakukan upaya untuk  mengusulkan salah satu pelaku UMKM binaan UM Magelang, agar mengikuti SNI Award tahun 2016. Selain itu, Ia juga menyampaikan bahwa FT UM Magelang telah memasukkan Kurikulum Standarisasi.

Eko Muh Widodo, Rektor UM Magelang berharap, BSN dapat melanjutkan kerjasama dengan UM Magelang, agar dapat memaksimalkan tujuan dari MoU, yakni dapat saling memanfaatkan SDM serta mengembangkan pendidikan. UM Magelang akan mendirikan SNI Center untuk mewadahi kegiatan yang berkaitan dengan standarisasi dan mutu.” imbuhnya.

COMMUNITY

Materi Pelatihan