Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

UNW Selenggarakan Seminar Nasional dan Bedah Buku


 

Ungaran-kopertis6.or.id -  Bekerjasama dengan Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN), Universitas Ngudi Waluyo (UNW) kemarin, Selasa, 7 Februari 2017 menggelar Seminar Nasional dan Bedah Buku Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD, SMP, SMA dan SMK Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), diikuti tidak kurang dari 400 Guru BK se Propinsi Jawa Tengah.

Menurut rektor UNW, Prof. Dr. Subyantoro, M.Hum, tujuan diselenggarakan seminar ini untuk menjalin kerjasama yang harmonis antara UNW dan ABKIN dalam rangka pengembangan keprofesian guru BK se Jateng, serta mengimplementasikan nilai-nilai Tri Dharma perguruan tinggi.

Dalam kegiatan ini berlangsung pula penandatangan MoU antara UNW dengan ABKIN yang merupakan  manifestasi dari penerapan Visi UNW sebagai Univesitas Berbudaya Sehat dan Bereputasi Internasional.

“Budaya sehat, berarti sehat secara mental serta berkarakter. Ini merupakan tugas pokok dan fungsi Guru BK dalam rangka memandirikan, membangun dan membina mental maupun karakter peserta didiknya.” terang Rektor

Subyantoro menegaskan, melalui kerjasama yang sinergis dengan ABKIN, maka UNW juga makin terpublikasikan ke daerah, serta makin dikenal masyarakat luas.

Ketua Pengurus Daerah ABKIN, Prof. DYP Sugiharto menyampaikan pentingnya cara berkomunikasi guru BK dalam pembangunan dan pembinaan karakter siswa, sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan diterapkan para peserta didik.

Pengurus ABKIN Jateng, Dr. Ali Murtadho menambahkan, tantangan guru BK pada masa kini tak terlepas dari etika  dan moral peserta didik dimana tantangannya yang semakin lama semakin berat di masa depan . Oleh karena itu,  pembangunan dan pembinaan karakter peserta didik menjadi hal yang utama sekaligus menjawab tantangan guru BK dalam menjalankan tugas. 

Tampak gambar : Penandatangan Mou oleh Rektor UNW dan Ketua ABKIN

           

 

  

COMMUNITY

Materi Pelatihan