Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Bekerjasama Dengan Kopertis, UM Magelang Selenggarakan Pekerti

Magelang-kopertis6.or.id - Upaya peningkatan kualitas kompetensi pedagogik dan implementasi dalam proses pembelajaran, diharapkan dapat berjalan  sesuai dengan tujuan  dan standar mutu perguruan tinggi.  Untuk itu,  UM Magelang bekerja sama dengan Kopertis VI Jawa Tengah menyelenggarakan Pelatihan  Peningkatan Ketrampilan Teknik Instruksional (PEKERTI).

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Dr. Purwati MS mengatakan, Pelatihan yang berlangsung selama 5 hari mulai  Senin - Jumat (25- 29/8)  diadakan di Aula Gedung Rektorat UM Magelang diikuti  43 dosen,  dibuka oleh Rektor, Ir. Eko Muh Widodo, MT. 

Rektor menyampaikan,  PEKERTI  dilaksanakan untuk para dosen baru maupun dosen lama agar mampu memberikan pengajaran dengan baik. Rektor berharap,  dosen dapat mengikuti kegiatan pelatihan tersebut dengan sungguh-sungguh untuk lebih meningkatkan kompetensi teknik mengajar, sehingga ilmu yang disampaikan kepada mahasiswa dapat tersalurkan dengan baik.

Koordinator Kopertis VI Jawa Tengah, Prof. DYP Sugiharto yang hadir dalam kegiatan tersebut memberikan materi tentang Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi dan Kebijakan Kopertis VI Jawa Tengah.

 “Peningkatan kualitas pendidikan tinggi tidak terlepas dari kualitas SDM dosen melalui jenjang S2 dan S3, serta melalui berbagai pelatihan yang efektif. Dengan SDM yang berkualitas, diharapkan pendidikan tinggi akan menjadi lembaga yang mampu menghadapi tantangan masa depan dengan efektif,”  jelasnya.

Selain Koordinator Kopertis VI, beberapa  nara sumber   yang juga berasal   dari Kopertis VI Jawa Tengah memberikan materi dalam  kegiatan yang berlangsung  dengan metode tatap muka dan praktek tersebut.  Materi yang diberikan diantaranya Teori Belajar dan Motivasi, Model-Model Pembelajaran Inovatif, Pembelajaran Orang Dewasa, Dasar-Dasar Komunikasi dan Ketrampilan Dasar Mengajar, serta Taksonomi Tujuan Instruksional.

Purwati berharap,  melalui kegiatan PEKERTI para dosen UM Magelang dapat lebih meningkatkan kinerja yang berimplementasi  pada kinerja Universitas, termasuk output lulusan yang dihasilkan.

“Selain pelatihan PEKERTI dosen UM Magelang juga akan mengikuti pelatihan Applied Approach (AA) yang merupakan satu rangkaian program  pelatihan untuk peningkatan kualias dosen di perguruan tinggi,” tutur Purwati.

COMMUNITY

Materi Pelatihan