Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

Pekan Kreativitas Mahasiswa Akbid YLPP Purwokerto dalam bidang Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul “Pendidikan Kesehatan, Kebersihan Diri dan Lingkungan Melalui Rintisan POSKESTREN”

Pada hari sabtu, tanggal 15 Juni 2013 Akademi Kebidanan YLPP Purwokerto telah melaksanakan kegiatan peresmian POSKESTREN (Pos Kesehatan Pondok Pesantren) Al-Alawiyah yang berlokasikan di Desa Ngasinan Kidul Kecamatan kalikajar Kabupaten Wonosobo. Kegiatan peresmian ini dihadiri ± 80 peserta dan tamu undangan. Kegiatan ini disambut dengan responsiv dan antusiasme yang baik sekali oleh seluruh peserta, khusunya dari Dinas Kesehatan Wonosobo dan Kepala Puskesmas Kec. Kalikajar Wonosobo.

 

 

Kegiatan Peresmian POSKESTREN ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an serta saritilawah oleh 2 santriwati pondok pesantren, dilanjutkan sambutan – sambutan (pengelola pondok pesantren, kepala puskesmas kalikajar, kepala dinas kabupaten wonosobo yang diwakili kabid PROMKES, direktur AKBID YLPP Purwokerto), dilanjtkan peresmian POSKESTREN dengan pemotongan pita oleh ibu Yuli Trisnawati, SSiT., M.Kes selaku direktur Akbid YLPP Purwokerto dan penyerahan perlengkapan POSKESTREN secara simbolis dari ibu direktur kepada pengelola pondok pesantren.

Kegiatan ini merupakan hasil akhir dari serangkaian  kegiatan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) dalam bidang Pengabdian Masayarakat, dengan judul “ Pendidikan Kesehatan, Kebersihan Diri dan Lingkungan Melalui Rintisan POSKESTREN “ yang dilaksanakan selama ± 3 bulan oleh mahasiswi Akademi Kebidanan Purwokerto.

Kegiatan ini berlatar belakang dari potret umum pondok pesantren yang dikenal dengan ciri khas yang kurang memperhatikan lingkungan sekitar dan diri sendiri, banyak sampah berserakan di sekitar pondok, saluran selokan yang tidak lancar, sanitasi air bersih yang kurang diperhatikan, juga sarana umum seperti tempat jemuran dan tempat sampah yang masih sangat kurang diperhatikan. Dari lingkungan yang kurang sehat inilah berdampak negativ pada santri dan santriwati, khususnya dampak terhadap penyakit kulit dan paru – paru akibat sering merokok.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan informasi dan motivasi kepada santri, santriwati serta pengelola Ponpes tentang kesehatan diri dan lingkungan sekitar yang pada akhirnya diharapkan mereka dapat menjaga dan bertanggung jawab terhadap kebersihan dirinya masing – masing dan lingkungan sekitar, selain itu diharapkan juga mereka dapat melakukan tindakan bersama untuk merubah dan menciptakan suasana yang bersih dan sehat, serta dapat merasakan dampak yang positif bagi kesehatan mereka semua.

Kegiatan ini diawali dengan pelaksanaan penyuluhan oleh mahasiswi Akademi Kebidanan YLPP Purwokerto setiap minggunya selama 3 minggu berturut - turut, dengan materi : kesehatan diri dan lingkungan, kesehatan reproduksi remaja dan NARKOBA. Kegiatan yang kedua yaitu kegiatan bersih lingkungan pondok pesantren oleh seluruh santri dan satriwati, mahasiswi AKBID YLPP Purwokerto serta pengelola pondok pesantren. Kegiatan selanjutnya adalah pelatihan kader POSKESTREN tentang P3K, dimana kader diambil dari 4 santri dan 4 santriwati (berjumlah 8 kader POSKESTREN). Dan kegiatan yang terakhir adalah pembentukan serta peresmian POSKESTREN, dimana dalam pembentukkan POSKESTREN ini mahasiswi kami dibantu oleh banyak pihak, antara lain : Dinas Kesehatan Kabpuaten Wonosobo, Kepala Puskesmas Kalikajar beserta bidan desa, Pengelola Pondok Pesantren, dosen pembimbing dan seluruh santri serta santriwati.

Setelah peresmian POSKESTREN AL – Alawiyah ini, maka tanggung jawab dipegang penuh oleh pengelola pondok pesantren dengan binaan / bimbingan dari Puskesmas setempat (Pusk. Kalikajar kab. Wonosobo). Semoga POSKESTREN ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya penghuni Pondok Pesantren Al – Alawiyah dan semoga mahasiswa Akademi Kebidanan YLPP Purwokerto semakin kreativ dan dapat segera menciptakan karya – karya lain yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dunia kesehatan pada umumnya, Aamiin ....

Sumber :  AKBID YLPP Purwokerto

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan