Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

Kuliah Umum Bersama Wakil Walikota

Surakarta-kopertis6.or.id - Wakil Wali Kota (Wawali) Solo, Dr. Achmad Purnomo, Apt, yang juga akademisi dan pakar bidang farmasi, belum lama ini menyampaikan Kuliah Umum dihadapan 100 mahasiswa Fakultas Tehnologi dan Industri Pangan (FTIPA) Universitas Slamet Riyadi (Unisri), di kampus setempat.

Materi kuliah yang disampaikan adalah Kontrol Kualitas Produk Farmasi. Dalam paparannya Achmad Purnomo menjelaskan, kontrol kualitas perlu dilakukan dengan serius dalam upaya menjamin produk farmasi, kosmestik , makanan dan yang sejenisnya, aman dikonsumsi dan   mampu  meminimalkan efek samping.

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengontrol kualitas produk, yaitu secara fisik dan kimia. Kontrol secara fisik sangat mudah dilakukan oleh orang awam sekalipun dapat dilihat secara kasat mata,  dengan cara melihat pada rupa, warna dan bau.” papar Wawali.

Sedangkan kontrol secara kimia, lanjut orang nomor dua dijajaran Pemda Surakarta, tidak bisa dilakukan sembarangan. Perlu pengujian  oleh tenaga ahli yang kompeten dibidangnya, yaitu  untuk melihat kandungan utama sebuah produk,  dan seberapa kadar pengunaan pengawet, pemanis, penambah rasa/bau/warna.

Achmad Purnomo menambahkan, pelaku UMKM umumnya tidak memiliki pengetahuan yang cukup terhadap  penggunaan  zat kimia yang berbahaya seperti  pengawet, pewarna, pemanis buatan dalam produk makanan, maka kami berharap Pemkot Solo, bisa bekerjasama dengan FTIPA Unisri, untuk melakukan edukasi dan pendampingan agar produk UMKM  kota Solo khususnya bidang pangan dan kuliner aman dikonsumsi  dan tidak membahayakan bagi kesehatan.

COMMUNITY

Materi Pelatihan