Friday, April 19, 2024
   
TEXT_SIZE

Kursus Mahir Dasar dan Lanjutan Oleh Unimus

Semarang-kopertis6.or.id - Bekerjasama dengan Korwil I Kwartir Cabang Kota Semarang, Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menyelenggarakan Kursus Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Lanjutan (KML) bagi pembina pramuka.

Acara yang berlangsung  di SMP 4 Semarang dari tanggal 6-8/3 kemarin, diikuti 100 orang peserta dari Korwil I Kwartir Cabang Kota Semarang dengan 19 orang diantaranya merupakan Pembina dan Majelis Pembing Gugus Depan Kota Semarang 05.099 dan 05.100 dari Unimus.

Ketua Dewan Pembina Gugus Depan Kota Semarang 05.100, Yesika Maya Ocktarani, SS., M.Hum. menyampaikan,  pembina pramuka Unimus melibatkan dosen dari prodi pendidikan, teknologi pangan, sastra, analis dan staf administrasi. Khusus untuk kegiatan KMD, diwajibkan bagi seluruh dosen Program Studi Pendidikan sebagai bekal bagi dosen untuk mendidik mahasiswa calon guru.

Kegiatan kursus dibedakan antara KMD yang berisi mengenai konsep dasar kepramukaan, pola pembinaan di semua golongan pramuka (siaga, penggalang, penegak, pandega). serta praktik berkegiatan tiap golongan. Sedangkan KML lebih menekankan pada pendalaman sesuai peminatan pembina pramuka pada  tiap golongan.” Katanya.

Pembina pramuka yang telah mengikuti KMD, lanjut Yesika,  maka harus mengabdikan ilmunya selama 6 bulan untuk kemudian menerima “Surat Hak Bina” dan melaporkan kinerjanya dalam bentuk narakarya. Setelah melewati proses tersebut, maka pembina pramuka diijinkan untuk mengikuti KML sesuai peminatan pembinaan pada golongan tertentu.

Unimus berharap, kedepan setelah mengikuti kegiatan KMD dan KML tersebut, maka pembina pramuka dari Gugus Depan Kota Semarang 05.099 dan 05.100 Unimus, selain membina pramuka di wilayah civitas akademika juga dapat mengembangkan diri untuk melakukan pembinaan kegiatan pramuka di sekolah-sekolah sekitar wilayah binaan Unimus.

COMMUNITY

Materi Pelatihan