Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

Wahyudi Juara Lomba PTK di UPGRIS

Semarang-kopertis6.or.id – Dari 20 finalis lomba artikel Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru tingkat Jateng 2015 yang diselenggarakan Lembaga Penelitian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) yang berlangsung baru-baru ini, juara I diraih Wahyudi, S.Pd.I dari SMP Negeri 1 Rakita Banjarnegara, juara II diraih Galuh Wijayanti, M.Pd dari SMA Negeri 12 Semarang, juara III diraih Puji Rahayu, M.Pd (SMA Negeri 1 Jepara.

Rektor UPGRIS, Dr. Muhdi menyampaikan, PTK  kelas sangat kondusif, agar menjadikan guru tanggap terhadap dinamika proses belajar mengajar di kelas.

“Guru menjadi virus positif dalam kegiatan ilmiah. Sejak dini siswa sudah diperkenalkan atau dilibatkan dalam penelitian, agar ketika menjadi mahasiswa tahu prosesnya. UPGRIS senanatiasa beupaya memberikan wadah atau pelatihan karya tulis ilmiah  khususnya pada pendidik.” paparnya.

Dia menambahkan, guru menjadi kritis terhadap apa yang guru dan siswa lakukan di kelas. “PTK dapat meningkatkan kinerja guru, sehingga menjadi profesional. “Guru tidak lagi sebagai pendidik dan puas dengan sudah merasa puas terhadap apa yang dikerjakan. Namun, guru juga bisa menenpatkan diri sebagai peneliti dibidangnya.

Ketua LPPM UPGRIS, Suwarno Widodo, M.Si menuturkan, PTK merupakan penelitian yang dilakukan dalam mengatasi masalah di kelas. “Selain mengajar guru dituntut melakukan penelitian yang terkait dengan proses belajar mengajar. PTK dapat dijadikan sarana bagi guru meningkatkan  kualitas pembelajaran.” katanya.

COMMUNITY

Materi Pelatihan