Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

“Tekad”, Kata Kunci Menyusun Buku Ajar

Pekalongan-kopertis6.or.id- Bekerjasama dengan Kopertis VI Jawa Tengah, Universitas Pekalongan  menyelenggarakan Workshop Penulisan Buku Ajar Berbasis Penelitian bagi dosen pada 15-16 Juni 2015.

Acara yang berlangsung  di Aula Gedung E kampus setempat tersebut, mengundang Prof. Dr. Ali Ilmron Al Ma’ruf, M.Hum. (dosen UMS) dan Prof. Dr. Sony Heru Priyanto (dosen UKSW) sebagai narasumber.

Koordinator Kopertis VI, Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd.Kons saat membuka acara menyampaikan, menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), perguruan tinggi (PT) harus mampu mengantarkan lulusan menuju Asean Economic Community melalui sebuah mutu. “Dosen bermutu adalah insan yang mampu mengelola Tridharma PT dengan baik hingga menghasilkan lulusan yang bermutu.” paparnya.

Prof. DYP menekankan, untuk dapat mengelola Tri Dharma PT dengan baik, dosen harus selalu mengutamakan hal yang penting dan genting. Ia berpesan, tekad bukan satu-satunya penentu dalam menyusun buku ajar, tetapi tanpa tekad tidak pernah ada penyelesaian penyusunan buku ajar. Menyusun buku ajar adalah menyenangkan dan menggairahkan. Mulailah dari sekarang!” pinta Guru Besar UNNES tersebut.

Selain penyajian materi oleh narasumber, pada akhir sesi diadakan klinik dan pendampingan yang mengharuskan peserta menyusun draf buku ajar.

COMMUNITY

Materi Pelatihan