Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Hadapi MEA, STIKES PKU Jalin Kerjasama PT Luar Negeri

Solo-kopertis6.or.id- Akan diberlakukannya Asean Economic Community atau yang akrab dikenal dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),  tinggal menghitung bulan. Sebagai upaya mengantisipasi hal tersebut, Stikes PKU Surakarta merangkul beberapa perguruan tinggi (PT) di luar negeri untuk melakukan kerjasama.
 
“Saat ini kita telah bekerjasama dengan 2 PT di Philipina, 1 PT di Taiwan, 1 PT di Korea Selatan, 1 PT di Thailand. Ini sebagai bentuk komitmen kami untuk mendidik serta menghasilkan lulusan tenaga kesehatan yang tidak saja terampil, tetapi juga mampu dan penuh percaya diri ketika harus berkompetisi di tingkat internasional.”
 
Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Stikes PKU, Weni Hastuti, M.Kes saat menyampaikan sambutan dalam acara Wisuda ke-20 institusinya yang berlangsung di Grand Emerald Ballroom Solo Paragon Hotel, Sabtu, 29 Agustus 2015.
 
Wujud nyata dari semua itu, lanjut Weni, pada tahun ini kami mengirimkan 2 mahasiswa progdi kebidanan untuk magang selama tiga minggu di National Hospital Taiwan, dan pada bulan Agustus kemarin mengirimkan 4 mahasiswa progdi DIII Keperawatan dan 10 mahasiswa S1 Ilmu Gizi untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa (student Exchange) ke Khon Kaen University Thailand selama dua minggu. 
 
“Disamping itu, di tahun ini pula institusinya telah beberapa kali menyelenggarakan Guest Lecture (kuliah tamu) dengan menghadirkan dosen pakar dari Philipine dan Thailand.’ Kata Weni menambahkan. 
 
Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta kali ini mewisuda sebanyak 171 orang, meliputi 104 wisudawan untuk progdi Keperawatan, 67 wisudawan untuk progdi Kebidanan. Adapun lulusan yang berhasil meraih predikat cumlaude sebanyak 47 orang. 
Hadir  dalam acara tersebut Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP Sugiharto untuk menyampaikan sambutan. 


COMMUNITY

Materi Pelatihan