Friday, April 26, 2024
   
TEXT_SIZE

Berbagai Hibah Mengalir di Politama

Surakarta-kopertis6.or.id – Peningkatan kualifikasi dosen dan mahasiswa Politeknik Pratama Mulia (Politama) Surakarta dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, saat ini telah menuai hasil. Indikator ini dapat dicermati dari perolehan dana hibah kegiatan P2M dosen dan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari DP2M-DIKTI.

“Kemristek Dikti ada 6 judul Penelitian Dosen Pemula (PDP), 1 judul Penelitian Fundamental, 10 judul pengabdian Iptek bagi Masyarakat (IbM), 5 judul PKM, serta keberhasilan memperoleh dana dari Program Fasilitas PT serta Dinas Pendidikan Provinsi Jateng 4 judul skema P2M Dosen dan Mahasiswa.”

Pernyataan tersebut disampaikan Direktur Politama Surakarta, Ardi Widyatmoko, M.Eng usai mewisuda lulusan diinstitusinya yang berlangsung di Graha Saba Buana, Sabtu 17 Oktober 2015.

Pada aspek lain, lanjut Ardhi, institusi Politama telah melakukan kerjsasama dengan berbagai perguruan tinggi (PT), baik dari dalam maupun luar negeri. “Kerjasama ini arahnya ditujukan untuk kesepakatan dalam melakukan penelitan dosen kerjasama antar PT dan publikasi internasional dengan UGM , Sydney Tafe Australia (Politeknik Sydney), Universitas Kuala Lumpur dan Erican College (Malaysia) Burapha University maupun Huachiew Chalermprakiet University (Thailand).” jelasnya.

Ia menambahkan, selain melebarkan jejaring dengan berbagai PT, kami juga mengembangan kemitraan dengan berbagai perusahaan.“Kemitraan ini dikembangkan sebagai wahana magang dan penempatan kerja bagi lulusan, ini kita jadikan  prioritas.” tandasnya.

Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP. Sugiharto dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kasi BAK, Agung Purwanto SH mengatakan, dengan bermodalkan gelar dan ijazah yang memenuhi aspek legalitas, para wisudawan yang dihasilkan Politama Surakarta bebas berinprovisasi menjadi “penjelajah”. Artinya, pengakuan terhadap keabsahan dan legalitas pada gelar maupun ijazah tidak terbatas hanya dilingkup regional dan nasional, akan tetapi juga diakui dan berlaku di negara lain.” jelas Koordinator.

Ia mengingatkan kepada wisudawan untuk mempersiapkan diri dengan nyali atau keberanian. “Siapkan diri anda dengan hard skill dan soft skill yang baik, khususnya terkait dengan penguasaan bahasa asing” harapnya.

COMMUNITY

Materi Pelatihan