Thursday, April 18, 2024
   
TEXT_SIZE

Akpelni Miliki Lima Simulator Baru

Bendan-Dhuwur-kopertis6.or.id- Sebagai lembaga perguruan tinggi Kemaritiman, Akademi Pelayaran Niaga (AKPELNI) Semarang mulai bergerak secara pasti dengan dimilikinya simulator baru.

“Untuk memenuhi ketentuan tentang sarana prasarana belajar, kami datangkan lima simulator, baik untuk keperluan progdi Nautika maupun Teknika.”

Pernyataan tersebut disampaikan Direktur AKPELNI, Achmad Sulistyo, MM.M.Mar saat menyampaian laporan pada saat gelar Wisuda bersama  Perwira Remaja Pelayanan Niaga dan Program Diploma III ke-38, dan wisuda perdana SMK Pelayaran AKPELNI, di kampus Bendan, Kamis, 22 Oktober 2015.

Achmad merinci, untuk program Nautika terdiri dari Simulator RADAR dan ARPA, Simulator ECDIS (Electronic Chart Display Information System), Simulator GMDSS (Global Maritime Distress Safety System). Sedang untuk progdi Teknika Full Mission Engine Room Simulator.

Dijelaskan oleh Achmad, kelima Simulator tersebut sudah di approved oleh Dirjen Perhubungan Laut, sehingga AKPELNI memiliki kewenangan melaksanakan beberapa Diklat ketrampilan pelaut terkait dengan Simulator yang ada. “Pada aspek lain, kami juga membangun gedung pembinaan karakter empat lantai untuk mahasiswa dengan daya tampung 600 orang .” paparnya

Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Capt Sahatua Simatupang, M.M.MH selaku inspektur upacara pada acara tersebut mengatakan, banyaknya lembaga Diklat Kepelautan harus diimbangi kelengkapan sarana dan prasarana. “Penggunaan simulator pada lembaga Diklat Kepelautan membutuhkan investasi besar, akan tetapi pemanfaatannya sangat besar dan member nilai tambah secara signifikan bagi mahasiswa, serta mempermudah bagi instruktur dalam memberikan pemahaman tentang kondisi sebenarnya di atas kapal.” tegasnya.

Lulusan terbaik pada Wisuda ke-38 AKPELNI untuk progdi Nautika diraih Doni Fibriantoro, IPK 3,46, untuk progdi Teknika diraih Ilham Risqi Nadisaky, IPK 3,48, untuk progdi Ketatalsanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan diraih Endro Wisnu Saptika, IPK 3.55.

COMMUNITY

Materi Pelatihan