Thursday, April 18, 2024
   
TEXT_SIZE

Kopertis Apresiasi Perkembangan Unwahas

Semarang-kopertis6.or.id- Kopertis Jawa Tengah mengapresiasi perkembangan salah satu kampus swasta di Semarang, yakni Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) yang setiap tahunnya selalu melakukan  kerjasama dengan berbagai institusi dan perguruan tinggi di luar negeri (LN). Hasilnya, dari laporan yang masuk, tidak sedikit mahasiswa mancanegara yang kuliah dengan berbagai fasilitas beasiswa di Unwahas.

Melihat hal ini, saya yakin  akan berpengaruh pada SDM lulusan Unwahas dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), karena secara umum sudah mengenal kualitas mahasiswa dari luar. “Ini juga bisa menjadi inspirasi bagi kampus lain, terhadap pentingnya menjalin kerjasama, sekaligus kita juga bisa mengukur kemampuan mereka,” kata Koordinator Kopertis Wilayah VI Jateng Prof Dr DYP Sugiharto saat memberikan pengantar Kuliah Umum “Penguatan Prodi pada Perguruan Tinggi (PT) dalam Menghadapi MEA” di Kampus Unwahas, baru-baru ini.  

Prof DYP menjelaskan, selain soal hubungan  luar negeri,  yang juga tidak kalah panting yakni soal akreditasi. “Semua prodi Unwahas juga rata-rata sudah terakreditasi B dan tinggal kami dukung semoga kedepannya bisa berubah jadi A,” jelasnya.

Adapun narasumber  dari Sekretaris Ditjen Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan PT Kemenristek Dikti, Dr Ir Agus Indarjo MPh dan dibuka PR Unwahas Prof Mahmutarom mewakili Rektor Dr Noor Achmad MA, dengan peserta ratusan mahasiswa Unwahas.

Dalam sesinya Dr Agus menjelaskan, SDM mahasiswa bila ingin dibentuk dan siap menghadapi MEA harus dikelola dengan baik. Setidaknya kampus harus bisa berinovasi dan para dosennya bisa mengembangkan risetnya. “Tujuan dari semua itu yakni agar institusi kampus  siap berkompetisi dan akreditasinya juga naik,” tandasnya.

COMMUNITY

Materi Pelatihan