Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Hadapi Tantangan Global, Akpermus Terapkan Manajemen Kinerja


Surakarta-kopertis6.or.id – Pengaruh globalisasi membawa dampak terhadap perubahan begitu cepat disegala aspek kehidupan. Perubahan harus diantisipasi dengan mengubah kebiasaan,  agar dapat meraih target yang diinginkan. Untuk itulah Akper Mamba’ul Ulum Surakarta (Akpermus) melakukan suatu pendekatan baru berupa evaluasi kinerja karyawan yang dikenal dengan Manajemen Kinerja (Performance Management).

Penerapan manajemen kinerja tersebut, dimulai dengan perencanaan, pemantauan dan peninjauan, penilaian, pemberian penghargaan maupun sanksi dengan mekanisme berkelanjutan. Melalui penerapan manajemen kinerja ini diharapkan akan meningkatkan kinerja bagi seluruh komponen di Akpermus, sesuai apa yang diharapkan.

“Kepada dosen maupun tenaga kependidikan di Akpermus, saya dorong untuk melakukan militansi yang dapat dapat memberikan pengaruh luar biasa terhadap kinerja pegawai. Karena berawal dari militasi ini, rasa memiliki terhadap institusi akan tumbuh dan membawa dampak pada penguatan kinerja pegawai.”

Paparan ini disampaikan Prof. Harun Joko Prayitno selaku narasumber dalam acara workshop dengan tema Penguatan Manajemen Kinerja yang diikuti dosen dan tenaga kependidikan Akpermus, berlangsung di kampus setempat, baru-baru ini.

Prof. Harun menjelaskan, kualitas karyawan sangat ditentukan dari potensi yang dimiliki masing-masing personal. Namun demikian, sebagus apapun potensi yang dimiliki tidak akan berkembang jika tidak dibarengi dengan sistem manajemen yang bagus.

Sedangkan Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP. Sugiharto dalam paparannya menyampaikan terkait percepatan dan penguatan kinerja sumber daya organisasi menuju Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang sehat dan bermutu.

COMMUNITY

Materi Pelatihan