Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Hadapi MEA, PHB Tegal Aplikasikan Pengembangan Program Pendidikan


Tegal-kopertis6.or.id -  Diberlakukannya kebijakan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), merupakan tantangan bagi  lulusan perguruan tinggi (PT), dimana kompetisi dalam dunia kerja maupun wirausaha semakin berat.

“ Jangan jadikan semua ini sebagai suatu penghalang, namun mari kita siasati MEA sebagai sebuah tantangan yang harus dihadapi secara derdas dan kreatif.”

Komitmen ini disampaikan Direktur  Politeknik Harapan Bersama (PHB) Tegal, Mc. Chambali, B. Eng M. Kom  pada penyelenggaraaan Wisuda ke-11 institusinya yang berlangsung di kampus setempat, baru-baru ini.

Jumlah wisudawan sebanyak 275 orang, meliputi progdi Akuntansi (D3)  1 wisudawan, Komputer (D3) 257 wisudawan, Farmasi (D3) 3 wisudawan, Kebidanan (D3) 13 wisudawan, Kebidanan (D3) 14 wisudawan.

Chambali mengatakan, menghadapi MEA, institusinya telah siap mengembangkan program pendidikan yang dapat menambah skill mahasiswa, sehingga akan lebih siap bersaing di masyarakat. “Beberapa pengembangan tersebut meliputi penambahan bobot SKS untuk mata kuliah bahasa Inggris, program sertifikasi Kompetensi Internasional untuk beberapa progdi, serta program internasionalisasi berupa kerjasama eksternal.” jelasnya.

Disamping pengembagan program pendidikan, lanjutnya, PHB Tegal berencana melakukan penambahan progdi baru. “Kami akan buka progdi Akuntansi Keuangan Publik (DIV), Perhotelan (DIII), Desain Komunikasi Visual.” kata Chambali.

Dia menegaskan, akan dibukanya progdi tersebut untuk menjawab kebutuhan masyarakat mengenai progdi yang berpotensi menghasilkan lulusan yang siap bersaing dalam era pasar bebas.

Tampak hadir dan memberikan sambutan pada acara wisuda, Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP. Sugiharto.

COMMUNITY

Materi Pelatihan