Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Direktur Karir Kemenristekdikti Dorong Dosen Unissula Peroleh Gelar Profesor



Semarang-kopertis6.or.id - Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) mengadakan Workshop Peningkatan Sumber Daya Insani bagi dosen dan calon kandidat potensial profesor melalui Jabatan Fungsional Akademik (JaFA) yang dilaksanakan di kampus Kaligawe (12/5).

Acara yang dibuka langsung Rektor Unissula, Anis Malik thoha, LC., MA., PhD menghadirkan pembicara Direktur Karir dan Kompetensi SDM Kementrian Riset Teknologi dan Direktorat Perguruan Tinggi, Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, MPd., MA serta Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, Prof. Dr. DYP Sugiharto, MPd, Kons.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor I Dr. Ir. Muhammad Haddin, MT dan Wakil Rektor II Dr. Indri Kartika, SE, Akt., CA., Msi serta para dekan dan dosen pengajar di kampus Unissula. Acara tersebut bertujuan untuk memotivasi para dosen untuk melakukan meningkatkan reputasi dosen baik personal dan institusional.

Sementara itu Prof. DYP Sugiharto menekankan pentingnya perguruan tinggi sebagai penggerak kemajuan bangsa. Selain itu perguruan tinggi diharapkan menjadi bagian dari solusi permasalahan bangsa. Terlebih dosen merupakan komponen penting dalam memajukan institusi sebagai gerbang untuk memajukan bangsa.

“Kehadiran Perguruan Tinggi harus menjadi bagian dari solusi permasalahan bangsa, bukan malah memperkeruh masalah. Selain itu dosen itu ruh sebuah universitas, maka harus mempunyai reputasi yang baik.” terang Guru Besar Unnes tersebut.

Pada sesi diskusi yang dimoderatori oleh Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan, Iwan Ardian, SKM., Mkep., Prof. Bunyamin menjelaskan secara terperinci prosedur dan penilaian dalam pengajuan JaFA bagi para dosen dan kandidat profesor. Ia juga mendorong para dosen Unissula untuk mencapai gelar akademik tertinggi hingga profesor.

Sementara Rektor Anis Malik Thoha juga menekankan hal senada dengan dengan menetapkan key performance indeks bagi para dosen (KPI). Dengan memenuhi KPI seperti memiliki jumlah penelitian bereputasi internasional maka akan semakin memudahkan dosen dalam memperoleh predikat profesor.

COMMUNITY

Materi Pelatihan