Tuesday, April 23, 2024
   
TEXT_SIZE

Jawa Tengah Tuan Rumah HAKTEKNAS ke-21 Tahun 2016



Semarang-kopertis6.or.id – Provinsi Jawa Tengah ditunjuk sebagai tuan rumah dan tempat peluncuran Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. “Launching Hakteknas biasanya kita lakukan di Jakarta. Khusus tahun ini, Kemenristekdikti melaunching di luar Jakarta yaitu di Provinsi Jawa Tengah.” Kata Menristekdikti, Prof. Mohamad Nasir di Wisma Perdamaian, Semarang, Selasa (31/5). Lebih lanjut dikatakan bahwa puncak Hakteknas diselenggarakan di Kota Solo pada 10 Agustus 2016.

Dalam siaran persnya, Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Kemenristekdikti menyatakan, pemilihan Provinsi Jawa Tengah sebagai lokasi rangkaian peringatan Hakteknas karena merupakan provinsi yang berkomitmen dalam mengembangkan inovasi di daerah.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengaku bangga atas terpilihnya Jawa Tengah sebagai tempat peluncuran Hakteknas ke-21. “Jateng siap melaksanakan hasil-hasil riset dan saya akan mengawal sendiri, agar hasil-hasilnya bisa dilihat dan berdampak untuk Indonesia,” ujar orang nomor satu di Jateng tersebut. “Yang kita butuhkan adalah keberanian-keberanian berkreasi dan berinovasi,” lanjutnya.

Peringatan Hakteknas 2016 mengambil tema “Inovasi untuk Kemandirian dan Daya Saing Bangsa”, dan bertujuan untuk mendorong kesadaran budaya iptek di masyarakat serta mendorong kreativitas dan inovasi dalam masyarakat. Selain itu juga dimaksudkan untuk memberikan apresiasi kepada para iventor muda yang memanfaatkan iptek untuk menghasilkan produk-produk inovasi yang memiliki daya saing.

Sebelum diluncurkan secara resmi, dilakukan penandatanganan nota kesepakatan antara Kemenristekdikti dan Pemprov Jawa Tengah yang melingkupi penerapan, pendampingan dan pengembangan inovasi di bidang ketahanan pandan. Lalu, pendirian dan pengembangan kelembagaan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Kemudian pengembangan dan pengelolaan jaringan riset dan pengembangan, serta pendirian dan pengembangan science centre

Rangkaian peringatan Hakteknas akan diwarnai dengan berbagai kegiatan, antara lain seminar, workshop, konferensi, forum-forum ilmiah,pameran, dan lainnya.

Tampak gambar: Menristekdikti dan Gubernur Jawa Tengah mem-post “kicauan” di twitter yang menandai peluncuran Hakteknas 2016.

COMMUNITY

Materi Pelatihan