Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

UTP Tarik Mahasiswa KKN

Surakarta-kopertis6.or.id - Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta, Senin (16/1) menyudahi program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan di Kabupaten Karanganyar. “Hari ini kita terlah  menarik sebanyak 433 mahasiswa KKN dari kabupaten karanganyar setelah 1,5 bulan mereka di lokasi”, ujar Ketua KKN Ir. Sutarno, M.Si

Acara penarikan mahasiswa ini dihadiri oleh pimpinan, sivitas akademika UTP, dan Bupati Karanganyar beserta jajarannya. Menurut Sutarno, program-program KKN yang telah disusun semua berjalan lancar sesuai dengan konsep. Bahkan, lanjut Sutarno, banyak juga program dampingan,  yang ide dan  konsepnya dari mahasiswa.

Program utama yang dicanangkan oleh panitia KKN ada dua yaitu, pemberdayaan budaya olahraga dan  penguatan ekonomi berbasis produk lokal. Dari dua tema tersebut, dihasilkan banyak sekali kegiatan diantaranya terselenggaraya lomba senam bengawan solo (senam rekreasi, salah satu penciptanya adalah dosen PKO UTP) di setiap kecamatan lokasi KKN, tes pengukuran kebugaran jasmani, tes ini untuk mengukur tingkat kebugaran dan minat bakat olahraga. Hasil dari tes ini kemudian diserahkan ke Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Karanganyar.

Disamping itu, kegiatan olahraga lainnya adalah olahraga tradisional, tujuannya adalah untuk mengenalkan kembali olahraga rakyat/tradisional. Hasil dampingan mahasiswa KKN lainnya adalah produk olahan dari potensi lokal seperti, sirup salak, sirup ubi ungu, mie ubi ungu, kurma salak, sate jamur dan masih banyak lagi. Selain itu juga menghasilkan produk pertanian lainnya, seperti pestisida nabati, pupuk organik dan sebagainya.

Rektor UTP, Prof. Dr. Ir Ongko Cahyono, M.Sc dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Karanganyar Karena telah menerima dengan baik mahasiswa KKN dari UTP. Ongko berharap, hasil dari binaan mahasiswa KKN ini dapat bermanfaat kepada masyarakat sebagai wujud dari Tridharma perguruan tinggi, yaitu, pengabdian kepada masyarakat. Ongko juga berharap, kerjasama ini dapat berlangsung secara berkesinambungan bahkan bisa diperlebar kearah kerjasama yang lain sesuai dengan tridarma perguruan tinggi.

Bupati Karanganyar, Drs. H. Juliyatmono dalam sambutannya menyampaikan terimakasih yang besar kepada keluarga besar UTP Surakarta. Selain itu, Juli juga mengapresiasi program kerja KKN UTP yang berbeda dengan KKN kampus lain. Dengan adanya program KKN seperti ini, pengetahuan, wawasan dan pengalaman masyarakat jadi bertambah, dan harapannya, masyarakat jadi lebih sejahtera kedepannya. Lebih lanjut Juli menyampaikan, kedepan kerjasama ini pasti bisa berlangsung dan akan lebih jauh lagi.

Penarikan kali ini dikonsep seperti pameran, ada banyak stand  di sekitar pendopo rumah dinas bupati karanganyar yang menampilkan produk olahan potensi lokal binaan mahasiswa KKN UTP. Rektor UTP dan Bupati Karanganyar menyempatkan diri berkeliling mengunjungi stand tersebut.

Tampak gambar : Rektor UTP menyerahkan kenang-kenangan kepada Bupati Karanganyar. 

COMMUNITY

Materi Pelatihan