Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Lomba Gamelan Curi Perhatian Pengunjung DINUSFEST 2017

Semarang-kopertis6.or.id - Dalam pagelaran Dinusfest 2017 yang dilangsungkan sejak Selasa (24/01) sampai Kamis (26/01), Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menggelar lomba gamelan untuk pelajar SMA, SMK dan MA.

"Kita bermaksud mengajak generasi muda untuk turut nguri-nguri budaya jawa yang kian tersisih," ujar Dekan Fakultas Teknik DR. Eng Yuliman Purwanto M. Eng, dalam sambutannya membuka lomba gamelan. Sebanyak 60 siswa turut memeriahkan cabang lomba gamelan Jawa di panggung utama Dinusfest.

Masing-masing sekolah memiliki durasi tampil maksimal 20 menit dan membawakan lagu Gugur Gunung. Panitia menghadirkan 3 juri untuk melakukan penilaian, yakni Ki Warsino dari Dinas Pariwisata Kota Semarang, Ki Srihadi, dan Ki Mulyono dari Udinus. "Aspek penilaiannya berdasarkan leres (benar), rempet (tepat) dan teknik pembawaan masing-masing peserta," jelas ketua panitia lomba Gamelan Qodri Andrian Sunarto. Kekompakan, analisa musik dan penjiwaan merupakan poin utama dalam kriteria penilaian lomba Gamelan.

Sebelum lomba gamelan dimulai, panitia mendapatkan tamu kehormatan yang berasal dari California Amerika, Suni Petersen PhD, yang merupakan salah satu Profesor dari Alliant International University. Suni berkesempatan belajar menabuh gamelan bersama karyawan Udinus sebelum lomba dimulai. Selain itu, Fakultas Teknik juga memiliki lomba tari tradisional tingkat pelajar dengan total peserta 85 dan lomba membuat desain batik yang meraup peserta 235 orang.

Dinusfest 2017 mengangkat tema "Together We Can Achieve The Extraordinary" yang dimeriahkan oleh 19 lomba untuk pelajar dan 9 lomba untuk mahasiswa Udinus. Sebanyak 2599 peserta dari 131 sekolah dan 19 kabupaten kota turut serta dalam ajangĀ  tahunan ini. "Tahun 2015 lalu namanya Fasilkom Week, kemudian kita perluas jangkauannya menjadi Dinusfest sehingga lomba dan acara yang ada juga beragam," tutur Dr St. Dwiarso Utomo SE, M.Kom, Akt,CA. Terdapat lomba olahraga, ketrampilan, akademik, seminar, expo dan pameran.

Tampak gambar : Suni Petersen belajar menabuh gamelan didampingi karyawan Udinus.

COMMUNITY

Materi Pelatihan