Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

POLHAB Tegal Tidak Tertarik Merubah Bentuk Institusi

Tegal-kopertis6.or.id – Ditengah ketatnya kompetisi antar perguruan tinggi saat ini, penyelenggara PTS yang memiliki jumlah mahasiswa di atas angka lima ribu bukan hal yang mudah, terlebih bagi penyelenggara progdi jenjang program Diploma. Namun, Politeknik Harapan Bersama (POLHAB) Tegal telahn mampu membuktikan hal tersebut.

“Saat ini jumlah mahasiswa kami ada dikisaran jumlah 6.300 mahasiswa yang terbagi di tujuh progdi. Dari tahun ke tahun, minat masyarakat yang berkeinginan kuliah di POLHAB senantiasa mengalami peningkatan signifikan. Menyiasati hal ini, kami akan menambah tiga progdi baru yang saat ini sedang berproses.”

Pernyataan ini disampaikan Ketua Yayasan POLHAB Tegal, Khafdilah, MS,S.Kom,SH usai membuka acara Lokakarya Pekerti, kerjasama Kopertis VI dengan POLHAB, Senin, 3 April 2017 dengan narasumber Amsar, SH.MM (Sekretaris Pelaksan Kopertis VI, Prof. Sunandar, Dr. Chalimah, Dr. Lamijan, Dr. Benny Diah Madusari, Sunardi, M.Pd.

Khafdilah menjelaskan,  kampus yang dimiliki saat ini dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 1,7 hektar dengan fasilitas yang sangat memadai. “tidak hanya fasilitas perkuliahan yang representatif, tapi juga ada asrama mahasiswa dan fasilitas olah raga.” katanya

Ia menegaskan, dengan akan dibukannya tiga progdi baru, telah kami bangun gedung baru yang konsepnya meniru salah satu bangunan kampus di Cina. “Bangunan gedung seperti ini kemungkinan di Jawa Tengah baru ada di POLHAB Tegal. Adapun pembangunan gedung ditargetkan selesai tahun ini.” paparnya

Khafdilah menambahkan, selain memfasilitasi bangunan fisik, pihaknya juga telah melakukan upaya peningkatan sumber daya manusia dalam hal ini dosen untuk meningkatkan kualitas diri melalui studi lanjut maupun aktivitas lain yang relevan.

“Saat ini sekitar 20 dosen kami melakukan studi lanjut. Kami juga melakukan rekruitmen dosen dari para alumni di sini. Mereka kami biayai untuk studi lanjut hingga S2, sehingga pada saatnya progdi baru tersebut menerima mahasiswa, terkait persyaratan minimal jumlah dosen dapat terpenuhi, serta terkait dengan nisbah dosen dan mahasiswa nantinya tidak akan ada masalah.” terangnya.

Meskipun dalam perjalanannya POLHAB Tegal semakin maju dan berkembang, institusi ini akan tetap konsisten sebagai lembaga berbentuk Politeknik. “Kami belum ada keinginan kesana (merubah bentuk), terlebih pemerintah saat ini telah menggalakkan progdi Vokasi.” tandas Khafdilah.

Tampak gambar : Ketua Yayasan POLHAB,  Khafdilah sedang berfoto bersama dengan Sekretaris Pelaksana Kopertis VI, Amsar beserta narasumber dan dosen setempat.

  

COMMUNITY

Materi Pelatihan