Thursday, April 18, 2024
   
TEXT_SIZE

Kopertis VI Apreasi Stiepari yang Semakin Maju

Semarang-kopertis6.or.id – Puncak peringatan Dies Natalis ke-47 Stiepari Semarang diselenggarakan bersamaan dengan  acara wisuda Program Pasca Sarjana (S2), Sarjana (S1), dan Ahli Madya (D3). Kegiatan yang berlangsung, di Hotel Patra (20/11) tersebut tampak hadir Sekretaris Pelaksana (Sespel) Kopertis VI, Amsar, SH.MM.

Saat menyampaikan sambutan,  Amsar memberikan apresiasi kepada Stiepari terhadap kemajuan yang dicapai dalam menjalankan visi dan misi. “Genap 47 tahun usia Stiepari, progress prestasi yang telah diraih Stiepari mengindikasikan institusi ini semakin eksis dan mendapat kepercayaan dari masyarakat.” katanya

Amsar mengingatkan, di era kompetisi yang begitu ketat saat ini dari perguruan tinggi lain terus berdatangan, dan terus memacu ketertinggalan dari sisi usia.”Saya menyampaikan harapan dan ajakan agar Stiepari Semarang mengaplikasikan terhadap 4 (empat) “semakin”, yakni semakin menguat, semakin terlibat, semakin bersama, dan semakin adaptif.” tegasnya

Menurutnya, dies natalis merupakan makna masa lalu, sedangkan prospektif masa depannya adalah harapan. “Kita tidak boleh lupa mengingat perjalanan panjang dari para pendiri Stiepari yang telah 47 tahun dan menjadi besar, adalah bukan merupakan perjalanan singkat dan mudah.” jelas Amsar.

Ia berharap, di usia 47 tahun Stiepari agar semakin menguat integritasnya, semakin terlibat, semakin bersama, dan adabtif.

Sedangkan Ketua Pengurus Yayasan Tri Viaca, Dr. Ir. Bambang Dwiloka pada kesempatan yang sama menyampaikan, untuk masa tunggu lulusan pariwisata relative minim. Rata-rata kurang dari satu bulan sudah mendapat pekerjaan. “Bahkan, tidak sedikit yang nol bulan. Jadi, belum lulus sudah dapat pekerjaan.

Sementara itu Renny Apriliani mengatakan, sumber daya manusia (SDM) pihaknya terus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang andal di bidang priwisata dan manajemen. merekajuga digembleng agar  punya jiwa wirausaha. ''Peluang kerja di bidang pariwisata sangat dibutuhkan, di satu sisi sarjana pariwisata masih kurang jumlahnya. Sedangkan pemerintah saat ini sedang menggiatkan sektor pariwisata untuk dijadikan sumber devisa negara,'' jelasnya 

Temu Alumni Akbar

Penyelenggaran Dies ke-47 Stiepari diisi dengan berbagai kegiatan, salah satunya adalah temu alumni akbar yang berlangsung di Maerokoco, Tanah Mas (19/11). Target dari pertemuan tersebut menurut Trenggono selaku Ketua panitia, adalah sebagai upaya menguatkan jalinan jejaring antar alumni.

Menurutnya, wadah ini berbadan hukum. Diharapkan upaya ini dapat menjalin komunikasi antar alumni maupun  komunikasi dengan almamater dan adik kelas. “Tidak hanya sekedar ajang berkumpul,  ngrumpi maupun foto-foto bareng saja, tetapi bermanfaat,'' jelas Trenggono

Ketua Ikapari  Joko Yuni Isnanto menambahkan, wadah ini diharapkan dapat bermanfaat dengan membuat berbagai pelatihan-pelatihan. Termasuk yang sudah dilakukan pekan kemarin, adalah menggelar  workshop strategi bisnis laundry menghadirkan konsultan laundry, Santoso Budhi HP, yang juga Kepala Pusat Laundry Indonesia dan alumni Stiepari, di Hotel Alaska Semarang.

Tampak gambar : prosesi wisuda oleh Ketua Senat, Renny Aprilliani 

COMMUNITY

Materi Pelatihan