Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

DNC FIKES UMP GELAR AKSI KEMANUSIAAN

Banyumas-kopertis6.or.id - Bencana alam banjir dan tanah longsor yang menimpa Kabupaten Brebes, Jawa Tengah menarik simpati Disaster Nursing Care (DNC) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FIKES UMP) untuk menggelar aksi kemanusiaan.

Aksi ini menggandeng Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UMP, Forum Kekeluargaan Mahasiswa Salem Purwokerto (FKMSP) dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Banyumas yang berlangsung sejak 25 Februari 2018.

Ilyas munif al ghofiqi salah satu pengurus DNC FIKES mengatakan, tujuan dibukanya posko tersebut adalah untuk memberikan bantuan, antara lain donasi yang telah berhasil dikumpulkan, dan bantuan psikososial berupa support untuk masyarakat dan anak-anak.

“Yang paling utama kita menyediakan pemeriksaan gratis berupa penyediaan stik gula darah, stik asam urat, stik kolesterol, multivitamin untuk anak anak, tetes mata, obat antirematik, vitamin untuk tulang, antibiotik  , antidiare anak(sirup) dan pembalut wanita,” ungkap Ilyas

Bantuan yang diberikan dari seluruh relawan dibagi menjadi dua tempat, yaitu di titik longsor banjir bandang Desa Pasir Panjang  dan Desa  Capar Kecamatan Salem Kabupaten  Brebes.

“Di sini masyarakat merasa sangat terbantu dengan kehadiran volunteer , karena dapat meringankan beban pengungsi. Terlebih lagi, korban diberikan fasilitas pemeriksaan gratis sehingga masyarakat terlihat sangat antusias untuk memeriksakan kesehatannya,” paparnya.

Sampai saat ini mahasiswa yang menjadi volunteer disana masih menerima bantuan untuk masyarakat Salem, terutama berupa pakaian layak pakai dan sembako.

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan