Tuesday, April 16, 2024
   
TEXT_SIZE

UKSW Cetak Generasi Bertanggungjawab

 

Salatiga-lldikti6.ristekdikti.go.id – Hadapi tantangan di era industry 4.0, rektor Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Neil Samuel Rupidara menyampaikan pesan khusus kepada para lulusan di institusinya yang diwisuda, Sabtu, 23 Februari 2019 di Balairung Universitas.

“Sebagai lulusan UKSW agar berkontribusi lebih kepada masyarakat, serta tidak melupakan almamater ketika nanti telah sukses. Kampus tak ubahnya berperan sebagai ibu yang menyusui dan membesarkan anaknya, Semoga saudara yang telah lulus dapat terus tumbuh berkembang, serta tidak lupa meningkatkan kualitas diri dengan terus belajar.” kata Neil berharap.

Menurutnya, UKSW memiliki karakteristik institusional, antara lain oikumenis, nasionalis, serta mengemban nilai-nilai universal. Sebagai penerapan nilai universal tersebut, UKSW berupaya menghasilkan lulusan yang berkesadaran dan bertanggungjawab merawat kehidupan bangsa ini.

“Selain mencetak generasi terdidik, kami juga turut bertanggungjawab dalam pembentukan sikap dan watak warga negara, peduli terhadap lingkungan seperti sampah plastik yang dapat  menimbulkan berbagai bencana, untuk dicarikan solusinya oleh para alumni kami.” ungkapnya

Diantara 548 lulusan yang diwisuda terdapat sejumlah lulusan dimana topik penelitian skripsinya mengenai kajian local yang memiliki dampak untuk masyarakat, salah satunya adalah Rehuel Christian lulusan dari progdi Gizi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) melalui penelitian berjudul "Daun Kelor Sebagai Sumber Isoflavon Alternatif bagi Perempuan Post Menopause", Rehuel Christian memanfaatkan daun kelor sebagai bahan pangan lokal untuk mengatasi penyakit osteoporosis pada perempuan post menopause.

Rehuel menjelaskan,  daun kelor atau bernama ilmiah Moringa oleifera L mengandung isoflavon dan kalsium tinggi yang dapat membantu mengatasi penyakit osteoporosis pada perempuan post menopause. “Selama ini terapi hormon dianggap memiliki banyak efek samping, diet tinggi isoflavon menjadi alternatif untuk membantu perempuan post menopause.” Jelasnya

Lebih lanjut Ia menegaskan, penelitian ini bertujuan untuk mencari alternatif bahan pangan lokal khusunya bagi perempuan post menopause. Penelitian yang saya lakukan di Panti Wreda Mandiri Salib Putih Salatiga, menunjukkan tingginya gejala penyakit osteoporosis. Saya berharap penelitian ini memberi dampak bagi masyarakat luas misalnya panti werdha, dapat menjadi pihak yang membantu manajemen nutrisi perempuan post menopause dengan cara menjadikan daun kelor sebagai bagian dari susunan menu harian,

Wisuda kali ini untuk Indeks Prestasi Kumulatif tertinggi. Untuk strata 1 diraih  Maria Regita Dyah Puspita, S.Kom (4.00) dari Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi. Sedangkan peraih IPK tertinggi strata 2 adalah Mernon Yerlinda Carlista Mage, M.Si (3.96) dan Charla Wattimury, M.Si (3.96) keduanya dari program Studi Magister Sains Psikologi Fakultas Psikologi.  Adapun untuk strata 3 IPK tertinggi diraih Dr. R.A. Marlien (3.94) dari Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB).

Tampak hadir senator universitas, perwakilan Ikatan Alumni Satya Wacana (Ikasatya) serta sejumlah tamu undangan. Sementara itu diakhir acara, turut diserahkan tali asih bagi wisudawan berprestasi. (sumber berita Humas UKSW)

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan