Saturday, October 20, 2018
   
TEXT_SIZE

Progdi Kedokteran Unissula Berpotensi Terakreditasi A



Semarang-kopertis6.or.id – Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang memiliki empat progdi, terdiri dari progdi Kedokteran (S1), Kedokteran Gigi (S1), Profesi Dokter dan Profesi Dokter Gigi.

“Dosen tetap di Fakultas Kedokteran Unissula ada 382 orang. Dari jumlah tersebut, dosen yang sudah berpendidikan S3 ada 69 orang. Sedangkan dosen yang sudah melekat jabatan fungsional akademik (JAFA) Lektor Kepala ada 59 orang.”

Pernyataan ini disampaikan Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP. Sugiharto dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekretaris Pelaksana, Amsar, SH, MM di depan 124 lulusan, diacara Pengambilan Sumpah Dokter Fakultas Kedokteran yang berlangsung di Patra Hotel, 30 Juli 2016.

Koordinator menegaskan, gambaran ini menunjukkan, dosen di Fakultas Kedokteran Unissula Semarang sangat berpotensi meraih jabatan fungsional tertinggi, yakni Profesor atau Guru Besar.

“Dengan diraihnya JAFA Profesor/Guru Besar tidak hanya akan semakin memperluas kepemilikan kewenangan bagi dosen yang bersangkutan dalam beraselerasi menjalankan profesi, namun juga membawa dampak positif terhadap keberadaan Fakultas Kedokteran Unissula untuk meningkatkan raihan akreditasi progdi, dari yang semula berada diperingkat B, akan berubah menjadi peringkat A.” tegas Prof. DYP.

Dampak yang lebih luas lagi, lanjutnya, berpotensinya institusi ini meningkatkan akreditasi institusinya. “Dari yang sekarang berada diperingkat B, akan menjadi peringkat A.” katanya

Guru Besar UNNES tersebut menambahkan, bertambahnya  Profesor/Guru Besar juga dapat berpengaruh terhadap kenaikan peringkat perguruan tinggi.

“Berdasar peringkat perguruan tinggi yang dikeluarkan Kemenristek Dikti, Unissula berada di klaster 3 dengan posisi peringkat berada diurutan 83 peringkat umum nasional dari 3320, diurutan 40 peringkat PTS Nasional dari 3199, berada diurutan 5 peringkat Kopertis VI dari 249.” bebernya.

Kepada lulusan yang diambil sumpahnya, Koordinator berharap agar menjadi generasi pemenang untuk memiliki nilai tawar tinggi dalam dunia kerja.

COMMUNITY

Materi Pelatihan