Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

2018, Progdi di UNPAND Mengacu KKNI

 

Semarang-kopertis6.or.id – Progdi Ekonomi Manajemen Universitas Pandanaran (Unpand) baru-baru ini menyelenggarakan Lokakarya Penyusunan Kurikulum Berbasis KKNI yang  diikuti internal dosen dari progdi ekonomi Manajemen dan Akuntansi, juga dihadiri Dekan dan Kaprogdi dari Teknik dan Fisip.

 

Menurut releas yang kami terima dari Humas Unpand, Darsin,  penyelenggaraan Lokakarya yang berlangsung di ruang Lab. Komputer kampus setempat ini menitik beratkan pada upaya peningkatan kualifikasi lulusan.

 

Dr. Alberta Rika Pratiwi, M.Si selaku narasumber menyampaikan arahan mengenai penyusunan kurikulum berbasis KKNI, serta Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI), Permendikbud No. 49 Tahun 2014.

“Dengan adanya KKNI ini akan mengubah cara melihat kompetensi lulusan, tidak lagi semata ijazah saja. Tetapi, dengan melihat kepada kerangka kualifikasi yang disepakati secara nasional sebagai dasar pengakuan terhadap hasil lulusan universitas secara luas.” papar Alberta

 

Pada kegiatan ini dirumuskan draft capaian pembelajaran serta bidang kajiannya. Draft tersebut kemudian akan diolah kembali oleh Tim Pengembangan kurikulum prodi untuk penyusunan konsep mata kuliah dan besar sks-nya.

 

Lokakarya ini merupakan tahap pengembangan kurikulum yang telah berjalan di Universitas Pandanaran. Setelah pemberian materi oleh narasumber, dibuka forum diskusi dengan para peserta . “Akhir Desember 2017, semua prodi di Unpand akan mengacu KKNI,” Ujar Pembantu Rektor II Unpand, Margaretha Maria Sudarwani, S.T.M.T

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan